7 Trik Sosial Media Marketing Untuk Peluncuran Produk Baru

 photo smo.jpg

Peluncuran produk baru merupakan sebuah seni dan ilmu. Setelah kita membuat produk, kita harus menjualnya, dan sebelum dijual kita harus membuat produk tersebut agar dilihat oleh calon pembeli. Apa tantangannya? Tentu saja adalah bagaimana melakukannya.

Saat ini, satu dari empat orang di seluruh dunia menggunakan media sosial, karena media sosial adalah tempat terbaik untuk memulai.

Mari kita lihat 7 trik sosial media marketing untuk launching produk baru yang sukses.

* Buat tweet yang mudah dibagikan (shareable)

Tulislah tweets yang menarik untuk di retweet. Tweet tidaklah harus ditulis secara formal.Selanjutnya, tanggapi semua orang yang me-retweet tweet kita. Mungkin hanya sekedar ucapan terima kasih bisa mendatangkan banyak pelanggan.

Selain itu, cobalah untuk menyertakan kata kunci dalam setiap tweet yang sedang trending, karena akan meningkatkan kemungkinan tweet kita muncul ketika orang mengetikan topik yang sedang trending tersebut.

* Buat teaser di Facebook

Bangunlah rasa ingin tahu pengguna Facebook. Bagaimana caranya? Buat teaser yang menyingkap beberapa produk yang akan kita launching.

Misalnya, jika produk kita adalah pakaian untuk pria, buat judul teaser “Project Men”.

Posting gambar secara rutin dengan ukuran dan mode yang berbeda-beda. Hal ini akan menciptakan rasa ingin tahu di kalangan orang-orang yang ingin tahu lebih banyak tentang “Project Men”.

Mulailah teaser campaign setidaknya 20-30 hari sebelum peluncuran produk. Dan pastikan untuk meneyertakan tagline teaser (contohnya disini adalah “Project Men”) di setiap posting.

* Pastikan terhubung ke berbagai platform

Mungkin kita akan kehilangan beberapa target audiens jika tidak mengintegrasikan ke berbagai platform.

Misalnya, kita akan menjual ebook, dan telah membuat video untuk mempromosikannya. Upload video di YouTube, kemudian ambil link dan taruh tidak hanya di halaman Facebook, tetapi juga di halaman komunitas yang berhubungan dengan genre buku. Paste juga link video di Twitter, dan yang lainnya.

* Tampilkan halaman ‘about’

Bagi sebagian orang mungkin selalu ingin mencari tahu tentang produk kita. Oleh karena itu, buat cara agar mereka bisa terhubung dengan kita.

Hal ini akan menjadi langkah awal menuju pembentukan loyalitas pelanggan terhadap merek kita. Selain itu, mereka juga akan membantu mempromosikan merek kita dari mulut ke mulut.

Buatlah alamat dimana orang bisa menghubungi dan mengenal produk kita lebih jauh. Tempatkan halaman ‘about’ di Facebook.

* Buat promosi dengan video

Promosi video biasanya akan lebih menarik daripada promosi teks. Dan ini memang membutuhkan sedikit usaha untuk membuatnya, tapi biasanya akan terbayar dengan hasil yang diperoleh. Kita bisa menggunakan Instagram untuk membuat video dengan durasi singkat.

Anggaplah produk baru itu seperti novel grafis. Mulailah menulis sebuah naskah yang ingin disampaikan dalam video.

Untuk membuat video yang lebih menarik, bisa menggunakan suara yang berbeda (berdasarkan karakter dalam novel grafis), tambahkan juga musik-musik pendukung.

* Maksimalkan fitur dari setiap platform

Setiap situs jejaring sosial memiliki fitur-fitur yang efektif. Cobalah untuk menggunakannya secara maksimal.

Misalnya, di Twitter gunakan hashtag dan @mention yang relevan dan populer. Untuk Facebook, maksimalkan penggunaan share/like dan komentar pada halaman orang lain agar juga mendapat share/like dan komentar kembali.

Pastikan bahwa pada saat peluncuran produk gunakan beberapa saluran media sosial. Ganti foto sampul Facebook dengan foto produk, Twitter bio dan iklan banner. Saluran ain yang perlu dipertimbangkan lainnya adalah halaman Google+, podcast, dan YouTube.

* Buat kontes

Jika kita ingin membuat sebuah gebrakan sebelum peluncuran produk, kontes adalah salah satu cara yang baik untuk melakukannya.

Kontes akan membuat audiens menemukan sesuatu yang menarik dan menyenangkan, dan inilah salah satu cara terbaik untuk membantu orang-orang agar mengingat merek kita.

Buat kontes yang relevan dan sesuai dengan tema/topik produk dan bagikan di Facebook, Twitter dan platform jejaring sosial lainnya.

Peluncuran produk baru yang tepat bisa menjadi kunci kesuksesan penjualan di masa depan. Lakukanlah dengan teliti dan gunakan strategi yang tepat. Selamat mencoba.

Tags: , , , , , , ,